Pulihkan Pariwisata Lombok, International Marathon Mandalica Siap Digelar

Denpasar (SN)-Event lomba lari berskala internasional yakni International Marathon Mandalica 2018 siap digelar di Provinsi NTB. Aparat dari Kodam IX Udayana didaulat untuk menjadi penyelenggara dari kegiatan berskalan internasional ini. Pangdam IX Udayana Bali Mayjen TNI Benny Susianto mengatakan, event internasional tersebut digelar dalam rangka memulihkan pariwisata Lombok umumnya yang sudah diporakporandakan oleh gempa Lombok beberapa waktu lalu. "Kita ingin tunjukan kepada dunia bahwa Lombok sekarang sudah aman dikunjungi. Dalam event tersebut, banyak juga pelari dari berbagai negara di dunia yang ikut berpartisipasi. Kita yakinkan bahwa Lombok aman sekarang," ujarnya. Hingga saat ini peserta yang terdaftar sudah mencapai lebih dari 2 ribu orang. Mereka berasal dari atlit terkenal yang sudah mengikuti berbagai event lomba lari di berbagai negara di dunia.

Hingga hari ini, berbagai persiapan dalam rangka event internasional tersebut sudah mencapai finalisasi. Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri mengecek sekaligus meninjau kesiapan pelaksanaannya event "TNI International Marathon Mandalika" di  Kuta-Mandalika, Lombok Tengah (Loteng), Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (31/10). Kasdam tiba di Bandara  Lombok International Airport (LIA), sejak Rabu siang kemarin (31/10) pukul 12.20 Wita disambut oleh Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani dan Dandim 1606/Lobar Letkol Czi Joko Rahmanto.

Setelah beristirahat sejenak di VIP Room Bandara LIA Kasdam bersama rombongan langsung meninjau lokasi pelaksanaan event berskala internaaional itu di Komplek ITDC Mandalika, Loteng. Kedatangan Kasdam beserta rombongan disambut oleh Kapusjas Permildas TNI Brigjen TNI Sapriadi dan Kadisjasad, Brigjen TNI Mochammad Hasan, Aspers Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Agung dan beberapa pejabat terkait yang tergabung dalam kepanitiaan.

Kasdam IX/Udayana menerima paparan singkat dari Kapusjas Permildas TNI dan Kadisjasad sebagai penanggung jawab pelaksanaan kegiatan lomba TNI International Marathon Kuta  Mandalika terkait dengan kesiapan pelaksanaan lomba  dan tentang ketertiban dalam pengaturan juga penempatan undangan termasuk ketertiban penonton. Kasdam menyampaikan arahan dan penekanan kepada panitia pelaksana terkait masalah keamanan dan kenyamanan peserta lomba, penempatan para tamu undangan dan ketertiban penonton, terutama pada puncak acara yang dijadwalkan Minggu (4/11), baik pada saat start, finish dan di saat pembagian hadiah kepada para pemenang lomba. Selanjutnya Kasdam bersama rombongan melaksanakan pengecekan ke titik start dan titik finish maupun kesiapan alat perlengkapan penunjang lainnya, seperti kesiapan tenda-tenda yang sedang didirikan. Pengecekan selesai pada pukul 14.30 Wita. Sn03

Leave a reply