Dikawal 6000 Pasukan TNI, 8 Kepala Negara Hadir di Konferensi OOC Bali

Denpasar (SN)-Setelah sukses menjadi tuan rumah pelaksanaan rapat tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (IMF-WB), Bali kembali dipercaya sebagai tempat pelaksanaan pertemuan bidang kelautan Our Ocean Conference(OOC) 2018 yang dilaksanakan dari tanggal 29 Oktober hingga 30 Oktober 2018 di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC). Pertemuan bidang kelautan ini akan dihadiri 8 kepala negara, salah satunya Presiden RI Joko Widodo. Sebanyak 1.908 peserta yang terdiri dari stakeholder kelautan, perikanan, akademisi dan mahasiswa sudah mengkonfirmasi kehadiran mereka untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Untuk mendukung kelancaran kegiatan dimaksud, Jumat (26/10) digelar Apel Gelar Pasukan Komando Operasi Pengamanan VVIP Our Ocean Conference 2018 di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, selaku Panglima Komando Operasi Pengamanan VVIP menjelaskan, pengamanan pertemuan OOC 2018 melibatkan 6.000 personil gabungan TNI dan Polri. Ia minta seluruh personil menjalankan tugas dengan baik guna menyukseskan event berskala internasional ini. Menurut Benny, suksesnya event ini akan memberi manfaat positif bagi citra Bali sebagai daerah tujuan wisata. Untuk itu, ia mengingatkan seluruh personil pengamanan akan senantiasa membangun sinergi dengan seluruh komponen agar potensi gangguan bisa terdeteksi sedini mungkin.

Gubernur Bali Wayan Koster menyambut positif karena Bali terpilih kembali menjadi tuan rumah event internasional. “Setelah pertemuan IMF sukses, kita dapat kesempatan dan dipercaya kembali menjadi tuan rumah OOC. Ini hal yang luar biasa mengawali kepemimpinan saya,” imbuhnya. Koster mohon dukungan seluruh komponen masyarakat agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Lebih dari itu, ia juga berharap event ini membawa dampak positif bagi Bali sebagai daerah tujuan wisata.

Koster meminta masyarakat Bali ikut mendukung agar kegiatan itu berlangsung aman dan lancar. Dikatakan Koster, Presiden Joko Widodo dipastikan akan membuka acara tersebut. "Kami sudah menyiapkan agar pertemuan itu berlangsung aman, lancar dan sukses, nyaman, seperti yang kita harapkan semua," jelasnya. Konferensi kelautan internasional itu akan dihadiri oleh 6 kepala negara dan seorang wakil kepala negara, dengan jumlah delegasi mencapai 1908 orang. Event ini menjadi pertemuan terbesar kedua setelah sebelumnya Bali menjadi tuan rumah untuk event IMF-WB. Gubernur juga berharap, amanat Panglima Kodam IX/Udayana Mayjend TNI Benny Susianto, dapat dijadikan pedoman bagi aparat keamanan untuk bekerja secara profesional dalam pengamanan yang dilakukan.

"Tadi Pangdam sudah memberikan amanat agar dipedomani oleh aparat keamanan, sehingga semuanya berjalan dengan lancar," jelas Gubernur Koster. Sn03

Leave a reply