Antisipasi Terorisme, Polres Karangasem Perketat Pintu Masuk Bali

Denpasar (SNC)-Aparat kepolisian dari Polres Karangasem Bali memperketat pemeriksaan terhadap pergerakan barang dan orang baik yang masuk maupun keluar dari Bali melalui Pelabuhan Padangbai Karangasem. Pemeriksaan akan dilakukan secara ketat dan akan dilakukan secara berkala. Kapolres Karangasem AKBP I Wayan Gede Ardana mengatakan, operasional pemeriksaan dilakukan oleh anggota dari Polsek dari Polsek Kawasan Laut Padangbai dibantu aparat dan sarana dari Polres Karangasem. "Kita memperketat pemeriksaan untuk mengantisipasi masuknya terorisme dan Narkoba. Pelabuhan Padangbaik merupakan salah satu pintu masuk Bali. Kita jangan sampai kecolongan. Daripada kecolongan lebih baik kita melakukan antisipasi," ujarnya di Denpasar, Kamis (2/11). Ia mengakui bahwa Padangbai memang melayani pergerakan orang dan barang untuk wilayah timur Indonesia. Namun tidak menutup kemungkinan jika yang namanya kejahatan bisa datang dari mana saja.

Dalam pemeriksaan tersebut, aparat Polsek Kawasan Laut Padangbai bersama Anggota  Unit K9 Polda Bali siaga di pintu masuk Bali Pelabuhan Padangbai sekaligus memperketat pemeriksaan terhadap kendaraan, orang serta  barang bawaanya. Kegiatan pemeriksaan di pintu utama masuk Bali (posII) Pelabuhan Padangbai yg dilakukan oleh Anggota Polsek Kawasan Laut Padangbai dipimpin Pawas Kanit Sabhara AKP I Made Suparwata dan dibantu oleh personil K9 Polda Bali lengkap dengan anjing pelacak yang khusus mengendus bahan peledak. Pawas Kanit Sabhara AKP I Made Suparwata menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan secara rutin setiap bongkaran kapal, untuk mempersempit ruang gerak para pelaku terorisme dan pelaku riminal seperti penyelundupan  Curanmor maupun menekan pelanggaran lalu lintas serta meniadakan terjadinya penyelundupan Narkoba, amunisi dan bahan peledak.  "Personil K9 Polda Bali bersama anjing pelacaknya khusus melaksanakan kegiatan untuk mengantisipasi handak. Sementara anggota yang lainnya akan periksa berbagai penyelundupan lainnya," ujarnya.

Secara terpisah Kapolsek Kawasan Laut Padangbai Kompol I Ketut Suharto mengatakan, dengan berlangsungnya Hari Raya Galungan, masyarakat  juga melakukan aktivitas persembahyangan. Namun kegiatan pemeriksaan ini ditingkatkan baik di pos I (pintu Keluar Bali) dan (pos II pintu Masuk Bali) dan berkelanjutan baik siang maupun malam hari  guna mengantisipasi para pelaku terorisme dan pelaku kriminalitas serta penyelundupan barang - barang Ilegal maupun handak. "Jangan sampai di tengah umat Hindu khusuk berdoa, pengawasan menjadi longgar. Akhirnya berbagai kejahatan bisa masuk Bali," ujarnya. Dijelaskan juga di dalam pemeriksaan tersebut, selain dibantu oleh K9 Polda Bali dengan 1 anjing Pelacak juga diperkuat oleh 1 anggota Polair Polres Karangasem serta Instansi terkait seperti team pengawasan penduduk pendatang (duktang) dari Kabupaten Karangasem yang khusus melakukan pemeriksaan KTP dan barang bawaan terhadap penumpang yang turun dari kapal tepatnya di pintu kapal, di  areal dermaga (pos III). Hal ini dilakukan guna menciptakan situasi di wilayah Bali tetap kondusif.(Snc03)

Leave a reply