Nasdem Bali Umumkan Paket Pilkada Gianyar dan Klungkung

Denpasar (SNC)-DPW Partai Nasdem Bali mengumumkan paket calon yang akan bertarung dalam Pilkada tahun 2018 untuk dua kabupaten sekaligus. Pengumuman paket calon untuk dua kabupaten dilakukan di Kantor DPW Partai Nasdem Bali di Jl Tukad Batanghari Denpasar, Kamis (5/10). Pengumuman paket calon untuk dua kabupaten dilakukan langsung oleh Ketua DPW Partai Nasdem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa, disaksikan oleh seluruh jajaran partai, pengurus struktural partai dan sejumlah awak media.

Menurut Gunastawa, pengumuman ini dilakukan agar seluruh tim di dua kabupaten tersebut segera melakukan sosialisasi untuk memenangkan pasangan yang didukung Nasdem. Untuk di Kabupaten Klungkung, Nasdem memilih pasangan petahana yakni I Nyoman Suwirta-Made Kasta. Dalam Pilkada sebelumnya, pasangan petahana ini diusung oleh koalisi Gerindra, Nasdem, PNBK dan PKPI. Sementara untuk Kabupaten Gianyar, Nasdem mengusung Tjokorde Raka Kertiasa sebagai calon bupati dan Ida Bagus Gaga Adi Saputra sebagai calon wakil bupati. Tjokorde Raka Kertiasa atau Cok Ibah saat ini duduk di DPRD Provinsi Bali dari Golkar, sementara IB Gaga saat ini menjabat sebagai Sekda Gianyar. "Nama-nama paket calon sudah diterima dari DPP Partai Nasdem, setelah melalui proses seleksi dan survei. Tim 7 akhirnya memilih paket setelah melewati berbagai pertimbangan. Surat dukungan dan rekomendasi ditandatangani pada 20 September 2017 lalu di Jakarta oleh Ketua Tim Pilkada DPP Partai Nasdem Taufik Basari dan Sekretaris Tim Pilkada Willy Aditya," ujarnya.

Menurutnya, Nasdem tidak perlu lama-lama, tidak perlu menunggu koalisi dalam memilih calon. Nasdem sudah membuat penjaringan sejak lama dan paling pertama mendukung dan mengusung calon yang dinilai sudah memenuhi syarat-syarat dalam memenangkan Pilkada baik di Klungkung maupun di Gianyar. "Syukur kalau paket pilihan Nasdem ini akhirnya menjadi pilihan koalisi partai atau partai yang berhak mengusung sendiri calonnya. Nasdem selalu terdepan dan cepat memilih calon yang akan bertarung di Pilkada karena Nasdem berlomba untuk mencari pemimpin terbaik di daerah. Nasdem memutuskan untuk memilih kandidat lebih cepat. Persoalan kalah menang nanti lihat di saat memilih," ujarnya.

Menurutnya, dengan diumumkan paket ini, maka seluruh kader dan simpatisan Nasdem yang ada di dua kabupaten tersebut wajib tanpa kecuali untuk mensosialisasi, memperkenalkan calonnya ke masyarakat. "Situasi di Bali saat ini umumnya sedikit tidak kondusif karena ancaman erupsi Gunung Agung. Kita memang berdoa agar Gunung Agung tidak meletus. Tetapi kalau meletus, lalu banyak partai mengumumkan calon kepala daerahnya, maka akan terjadi pencitraan negatif bagi calon yang bersangkutan. Kita lebih awal mengumumkan calon agar bisa langsung disosialisasikan kepada pemilih," ujarnya.

Kondisi riil di Klungkung, paket petahana saat ini belum mendapatkan rekomendasi dari partai pengusung atau partai koalisi. Nasdem yang paling pertama mengeluarkan rekomendasi dan mendukung paket petahana. Sementara di Kabupaten Gianyar, Cok Ibah sudah mendapatkan sinyal dari Golkar untuk mendapatkan rekomendasi. Sementara itu dalam Koalisis Gianyar Bangkit (KGB) yang terdiri dari Golkar, Demokrat, Gerindra, Hanura, PKPI, nama kedua pasangan tersebut sering muncul. Sekalipun Nasdem tidak masuk koalisi KGB, namun berdasarkan penjaringan dan survei, kedua nama tersebut sangat populer di mata masyarakat. (Snc03)

Leave a reply