PASAR HARI KAMIS SUKARARA LOMBOK TENGAH

Praya (SNC)-Desa Sukarara di Lombok Tengah memang terkenal sebagai pusat kerajinan kain tenun. Ketika saat datang ke desa ini, Pengunjug juga bisa sekaligus belanja terasi khas Lombok dan kebutuhan harian lainnya. Pasar ini hanya ada setiap hari Kamis saja dengan pemandangan pasar tradisional yang sangat unik dan menarik.

Pasar tradisional yang disebut sebagai Pasar Kamis oleh warga Lombok. Pasar ini menjual berbagai kebutuhan dari makanan hingga pakaian. Terasi khas Lombok yang digunakan sebagai campuran Ayam Taliwang pun dijual murah di sini.

Lokasi berada di antara berdekatan dengan beberapaToko yang menjual kain tenun tradisional dan suvenir lainnya. Para pedagang menjajakan dagangannya di kios yang ada di kanan dan kiri jalan. Setiap kamis, ruas jalanan ini selalu ramai oleh warga sekitar dan juga wisatawan pengunjung yang datang dari luar daerah  yang berbelanja.

Ramai para pedagang dan pembeli berinteraksi , sembari mengobrol dengan para pembeli. Selain pedagangnya ramah, barang dagangan di sini pun terbilang lengkap terutama dari hasil pertanian dan kerajinan.

ada yang unik dan khas yaitu terasi khas Lombok yang terbuat dari campuran ikan teri. Terasi ini sering digunakan untuk membuat sambal ayam taliwang atau plecing dan lainnya. Harganya jualnya pun cukup terjangkau murah, meriah.

Aneka varian barang dagangan seperti bumbu-bumbu, sayuran, buah-buahan hingga makanan yang sudah matang seperti ayam bakar dan bakso. Aneka pakaian dan mainan anak-anak juga tersedia di pasar ini. Seperti pasar tradisional lainnya, Pengunjung bisa belanja dengan harga murah asal pandai menawar.

Pasar di Desa Sukarara ini buka hanya setiap hari Kamis sekitar pukul 08.00-12.00. Setelah puas belanja, jangan buru-buru pulang. Anda bisa berkeliling melihat keindahan desa naik Cidomo atau kendaraan tradisional lombok yang berseliweran di sekitar pasar.

Dan sangat patut di kunjungi sebagai salah satu tujuan wisata di lombok tengah yang unik tradisional dan menarik . (Snc04)

Leave a reply