Polda Bali Kibarkan Merah Putih Raksasa dalam Laut

Denpasar(SNC)-Anggota Polda Bali dari unit Polisi Perairan (Polair) merayak HUT Kemerdekaan RI ke-72 dalam laut. Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose memimpin langsung proses upacara dalam laut dengan mengambil lokasi di perairan Cristal By Nusa Penida, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klunkung. Dalam upacara tersebut, anggota berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih berukuran 5 x 10 meter dengan kedalaman mencapai 15 meter. "Sebenarnya seluruh kesatuan di Polda Bali terlibat secara langsung dalam pengibaran bendera di dalam laut tersebut. Namun acara ini diinisiasi oleh Polair Polda Bali," ujarnya di Denpasar, Kamis (17/8).

Menurut Golose, acara tersebut dihadiri juga anggota dari Brimob Polda Bali, serta beberapa anggota dari satuan umum lainnya. Seluruh anggota terlibat mulai dari penancapan tiang sampai dengan menaikkan bendera dalam laut. "Ini sebuat prestasi dan kebanggan bagi Polri, bukan hanya di Polda Bali, tetapi Polri secara umum. Rasa cinta tanah air terutama melindungi wilaya laut Indonesia tertanam dengan sendirinya. Polri sebagai institusi penegak hukum sudah pantas menjaga NKRI terutama wilaya laut agar aman dan nyaman dari berbagai gangguan keamanan dan ketertiban," ujarnya.

Kapolda Bali menyampaikan pelaksanaan ini atas inisiatif Polisi Perairan Polda Bali dimana para peserta upacara sebagian ada yang berpakaian Polisi Perairan, berpakaian Brimob, dan Polisi tugas umum. Selain dalam menyambut hari ulang tahun Republik Indonesia, kegiatan ini juga dalam rangka menyambut hari ulang tahun Polisi Wanita (Polwan) ke 69, yang jatuh pada tanggal 1 September. sehingga para Polwan juga dilibatkan dalam pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut. Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka menumbuhkan ras lebih cinta kepada bangsa dan Negara. "Saya selalu sampaikan kita tidak boleh lari dari apa yang sudah digariskan oleh bangsa kita ini yang berkaitan dengan 4 konsensus dasar kita berbicara tentang Pancasila, Undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," ucap Golose. Pada kesempatan ini juga Polda Bali melibatkan Bhayangkari yang merupakan istri dari Kepolisian Daerah Bali untuk ikut melakukan kegiatan ini bersama. Kapolda Bali sangat mengapresiasi kegiatan ini, walaupun peserta yang dilibatkan belum lama mendalami olah raga menyelam tetapi bisa melakukan upacara dengan aman dan lancar, dan juga meski dalam keadaan arus yang cukup deras, penyelam yang ikut dalam pelaksanaan ini berjumlah 80 orang terdiri dari 15 Polwan dan Bhayangkari, 55 Polki dan 10 orang dari wisatawan, masyarakat pecinta diving. (Snc02)

Leave a reply