Enam Seniman Bali Terima Penghargaan Dharma Kusuma 2017

Denpasar(SNC)- Memperingati hari jadi ke 59, Pemerintah Provinsi Bali menganugerahkan Penghargaan Seni Dharma Kusuma 2017 kepada enam seniman/seniwati Bali yang mengabdi kepada masyarakat, baik dalam hal penggalian, pelestarian, pengembangan maupun revitalisasi seni budaya Bali. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Beratha saat ramah tamah, di Kantor Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Senin (14/8).

Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi dari Pemerintah Provinsi Bali, untuk memotivasi masyarakat agar selalu meningkatkan dan menumbuhkembangkan daya cipta dan kreasi seni, dalam upaya menghasilkan karya seni yang bermutu tinggi. "Keragaman budaya Bali tidak terlepas dari peran seniman, budayawan dan ilmuwan. Inilah yang menyebabkan Bali terkenal sebagai pulau kecil yang memiliki keunikan akan kehidupan seni dan budayanya. Berkat kerja keras dan kegigihan merekalah kehidupan seni budaya Bali tidak akan pernah tercerabut dari akarnya. Bahkan telah memberikan kontribusi positif terhadap percepatan pembangunan Bali di bidang budaya," ujarnya.

Dengan penghargaan tersebut, lanjutnya, diharapkan para seniman terus termotivasi, jengah dalam kualitasnya dan terus berkarya sehingga Bali yang terkenal dengan seni budayanya akan terus terpelihara. "Bali hanya mempunyai potensi seni dan budaya. Kita tidak mempunyai sumber daya alam. Sehingga yang diperlukan adalah kreatifitas sumber daya manusia untuk tetap memelihara dan mengembangkan seni itu, yang tentunya akan mensejahterakan masyarakat Bali," ucapnya.

Sementara salah satu penerima Penghargaan Seni Kusuma Dharma 2017 Suasthi Widjaja Bandem mengaku sangat senang dan bangga kepada Pemprov Bali yang telah memperhatikan seniman- seniman yang berkarya dalam bidangnya. "Kedepannya ini nantinya akan menjadi tantangan buat saya untuk menciptakan karya-karya seni yang pernah diciptakan dulu, dan sudah ada yang memulai memudar jadi itu merupakan tugas saya juga. Saya juga sangat menyukai dokumentasi. Saya harap apa yang saya ciptakan ini bisa diterima oleh masyarakat," ujarnya. (Snc02)

Leave a reply