TAMAN NARMADA LOMBOK DALAM SEJARAH DAN KEINDAHAN

Taman Narmada adalah salah satu taman yang di lindungi oleh dinas pariwisata dan juga masyarakat sekitar. Nama taman ini di ambil dari nama anak Sungai Gangga di India, dan seperti yang ketahui Sungai Gangga adalah sungai yang suci dan menyucikan. Air di Taman Narmada di percaya memiliki kesucian yang sama seperti air yang berada di Sungai Gangga India. Apa salah nya menjadikan lokasi yang satu ini, menjadi salah satu destinasi liburan kamu di Lombok.
Tak hanya memiliki pantai yang indah, tapi ada juga Taman Narmada yang menjadi andalan untuk memikat para wisatawan.Taman Narmada Lombok merupakan sebuah taman yang cukup terkenal di pulau Lombok yang memiliki berbagai keindahan taman dan kolam yang di milikinya. Sehingga pengunjung yang berada di sini akan merasakan ketenangan dan kesejukan. Hal inilah yang membuat rekreasi ke taman Narmada merupakan pilihan yang tepat, ketika anda sedang berada di pulau Lombok.
Tapi, menurut sejarah yang ada awal mula taman ini di bentuk memang dari raja Anak Agung Ngurah Karangasem yang merupakan raja dari Kerajaan Karangasem. Sehingga ketika berwisata ke Taman Narmada Lombok ini Anda akan terkesan berada di taman yang di Karangasem, Propinsi Bali. Pada awalnya, taman ini di buat sebagai tempat upacara pakelem yakni upacara yang dilakukan pada bulan purnama kelima atau sering di sebut sebagai tahun caka. Dengan demikian, tempat rekreasi ini selain menyuguhkan keindahan taman dan kolamnya juga menyimpan banyak nilai sejarah.
Diantara bagian dari Taman Narmada yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Balai Petirtaan yang mata airnya berasal dari Gunung Rinjani dan menjadi tempat pertemuan tiga sumber air yaitu Narmada, Lingsar dan Suranadi. Untuk masuk ke dalam Balai Petirtaan, wisatawan diharuskan memakan selendang warna kuning. "Airnya dipercaya membuat awet muda. Ada yang digunakan untuk berwudhu, cuci muka dan diminum. Ada larangan masuk bagi wanita yang mengalami datang bulan,  dilarang masuk karena termasuk kawasan suci. Taman Narmada sendiri sudah dibuka untuk umum dan menjadi tempat rekreasi sejak jaman Belanda dan telah mengalami beberapa kali pemugaran. Taman Narmada ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya berdasarkan UU No.5 Tahun 1992.Untuk menuju ke Taman Narmada cukup mudah, pengunjung bisa menggunakan ojek atau angkutan kota dari terminal Mandalika Mataram langsung menuju Taman Narmada.Untuk anda yang berkunjung ke Pulau Lombok, pastikan mendatangi Taman Narmada bukan hanya sekadar jalan-jalan tapi juga mempelajari serakan sejarah tentang raja-raja di taman yang indah.

Secara umum, fasilitas di Taman Narmada cukup lengkap untuk rekreasi atau sekadar melepas penat. Berbagai permainan seperti flying fox selalu menjadi primadona para pengunjung Taman Narmada.Tidak semata mata arena bermain, Taman Narmada juga memiliki fasilitas lainnya seperti kolam yang berada di bagian bawah dan beberapa mata air yang berasal dari Gunung Rinjani. Masyarakat percaya mata air ini bisa membuat awet muda. Karena kepercayaan tersebut, banyak pengunjung yang mencuci muka atau bahkan minum dari mata air tersebut.(SNC)

Leave a reply