Gendang Beleq Kesenian Tradisional Khas Lombok, NTB

Mataram (SNC)-Kesenian yang satu ini merupakan salah satu kesenian musik tradisional yang khas dari lombok,NTB. Bernama Gendang beleq.

Pulau lombok yang letaknya bersebelahan dengan pulau bali memiliki kesenian yang hampir mirip. di pulau dewata bali ada seni tari Adi Merdangge, maka di pulau lombok ada kesenian serupa yang oleh masyarakat suku sasak disebut dengan Gendang Beleq.

Gendang Beleq adalah kesenian musik tradisional yang di mainkan secara berkelompok dengan menggunakan beberapa macam alat musik dan Gendang yang berukuran besar sebagai alat musik utamanya. Alat musik Gendang yang di pergunakan agak berbeda dengan Gendang pada umumnya, karena memiliki ukuran yang lebih besar. kesenian ini adalah tradisional khas suku sasak di pulau lombok,NTB.

Mnurut beberapa sumber  yang ada, mulanya Gendang beleq Merupakan alat musik pengiring  dan penyemangat para prajurit  saat akan berjuang ke medan perang. Suara yang di hasilkan di yakini membuat lebih percaya diri para prajuritnya dan berani bertempur membela kerajaan mereka.

Tapi dengan berjalannya waktu Gendang Beleq di gunakan sebagai musik pengiring sebuah acara adat, kesenian, budaya, bahkan hiburan rakyat. dengan mengkolaborasikan beberapa alat musik tradisional lainnya sebagai tambahan penyemarak. dalam bahasa suku sasak nama Gendang Beleq di ambil dari kata Gendang dan Beleq mempunyai arti Gendang yaitu alat musik tabuh, Beleq artinya besar dapat di artikan Gendang Beleq merupakan Gendang Yang Berukuran Besar.

Gendang Beleq memiliki nilai filosofis  dan disakralkan. selain  memiliki nilai keindahan dalam perwujudan seni, Juga menyangkut jati diri dan jiwa kepahlawanan masyarakat suku sasak. pertunjukan  di tampilkan secara kelompok, dan setiap kelompok biasanya terdiri dari 13 sampai 17 orang dengan membawa alat musik gendang maupun tambahan.selain memainkan alat musik mereka juga menari-nari dengan gerakan yang bervariasi yang diciptakan oleh para pemainnya sehingga dapat menampilkan pertunjukan yang atraktiv,menghibur dan menarik bagi yang menyaksikannya.

Kesenian Gedang Beleq ini  merupakan salah satu kesenian yang cukup terkenal. Perkembangannya kesenian ini masih terus di lestarikan dan di kembangkan oleh beberapa kelompok kesenian yang ada. bahkan sering gendang Beleq ini di gunakan untuk di berbagai acara seperti Pernikahan,acara adat,khitanan, penyambutan tamu besar, festival budaya dan beberapa acara besar lainnya. (Snc02)

 

 

 

 

Leave a reply