KOTA TUA AMPENAN

Mataram (SNC)-Kota Tua Ampenan memiliki puluhan bangunan bersejarah peninggalan era Hindia Belanda. Bukan Saja bangunan berasitektur Belanda, banyak gedung bernuansa Tiongkok yang masih berdiri. Ampenan juga memiliki beberapa kampung yang heterogen. Di antaranya, Kampung Tionghoa, Kampung Bugis, Kampung Melayu, Kampung Banjar, Kampung Arab, dan Kampung Bali.

Seorang Pemuda Bernama Alyt mengatakan. Ini tanah kelahiran saya dan saya besar disini. dengan lingkungan yang cinta akan perbedaan saya bangga menjadi warga di sini, Masyarakatnya ramah dan pintar-pintar.

Mungkin perlu kalian main kesini supaya tau bagaimana perbedaan disini itu indah. Banyak suku Ras dan Agama yang tinggal dengan damai disini. Khonghucu,Cina,Arab,Daeng,Melayu,Bugis,Jawa,Bali, Islam,Hindu,Kristen,Budha. Tapi kami damai, karena itu akulturasi budaya disini sangatlah indah. Dari bahasa,Makanan Dan kebiasaan . Pokoknya Ampenan Is the Best lah, Kota tua yang ga ada matinya. Mungkin kalian perlu ke sini buat refreshing Katanya Bersemangat (Alyt Mambo FBF).

Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2017 juga membuat Festival Kota Tua Ampenan . Alasannya dibalik menjadikan kota tua sebagai tempat diselenggarakannya festival ini adalah karena kota tua ampenan merupakan salah satu icon wisata sejarah dan budaya di lombok. (Snc02)

Leave a reply