Hanura Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Denpasar-Partai Hanura secara tegas mengumumkan dukungannya terhadap Jokowi untuk maju dalam Pilpres tahun 2019 mendatang. Dukungan tersebut diumumkan secara langsung oleh Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dalam Rapat Pimpinan Nasional I tahun 2017 Partai Hanura di Kuta Bali, Jumat (4/8). Menurut OSO, pengukuhan Jokowi menjadi Capres dalam Pilpres 2019 mendatang bukan tanpa alasan. "Saya sudah melakukan rapat dengan seluruh jajaran pimpinan, dan semua sepakat mengukuhkan Joko Widodo sebagai calon presiden periode 2019-2024. Ini sudah sepakat setelah 34 DPD Partai Hanura secara bulat memberikan dukungan itu," katanya. Ia menjelaskan, jika pada Kamis (3/8) malam, sudah bertemu 34 ketua DPD Hanura seluruh Indonesia, dan mereka sepakat mencalonkan Joko Widodo sebagai calon Presiden 2019-2024. Itulah sebabnya dalam Rapimnas ini Partai Hanura secara bulat memberikan dukungan tersebut.

Sebenarnya, pengukuhan dukungan itu diberikan setelah sebelumnya dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Hanura pada Desember 2016 lalu. Dalam Munaslub tersebut,  Partai Hanura sudah mendeklarasikan dukungan terhadap Jokowi di Pemilu Presiden 2019. Hanura sebagai parpol pendukung pemerintah tetap berkomitmen atas sikap politiknya tersebut sehingga akan terus mengawal program-program pembangunan yang dijalankan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Menurut dia, dukungan Hanura juga diberikan kepada pemerintah terkait kebijakan membubarkan organsiasi kemasyarakatan (Ormas) yang anti-Pancasila dan anti-Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Bagi Hanura, Pancasila sebagai ideologi sudah final. Membubarkan ormas yang menolak Pancasila adalah konstitusional," ujarnya. Hanura sebagai anggota partai pendukung pemerintah, tidak akan melakukan perbuatan yang menjegal kebijakan pemerintahan. "Berkoalisi dalam pemerintahan ibarat pertemanan, harus dilakukan secara tulus dan tidak boleh "berselingkuh".

Hanura sebagai anggota koalisi pemerintahan, tidak akan melakukan perbuatan yang menjegal teman apalagi 'menggunting dalam selimut'," katanya.

Selain mengukuhkan dukungan terhadap Jokowi, Rapimnas I Partai Hanura akan membahas berbagai masalah yang bersifat khusus dan mendesak, yang akan dihadiri oleh unsur peserta dan peninjau.

Rapimnas I juga akan membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan agenda politik strategis nasional baik internal seperti agenda politik Pilkada serentak 2018 dan Pemilu-Pilpres 2019. Selain itu secara eksternal, yang kemudian itu akan menjadi sikap politik Partai Hanura, baik dalam hal kepartaian maupun keIndonesiaan. (SN01)

Leave a reply